Kilas Balik ADGI

Diposting oleh Lukman Minggu, 31 Agustus 2008

ADGI-Asosiasi Desainer Grafis Indonesia

8 September 2005
Dalam acara “Gathering and Talk Show-It’s Graphic Designers United!” di arena FGD Expo 2005, Jakarta Convention Center, diterbitkan Memorandum ADGI kepada Gauri Nasution, Danton Sihombing, Hastjarjo B Wibowo dan Mendiola B Wiryawan untuk mempersiapkan Kongres ADGI dalam waktu 6 bulan.

Pada bulan Oktober 2005 para penerima mandat membentuk Tim Revitalisasi ADGI yang terdiri dari 14 orang desainer, yaitu; Andi S Boediman, Ardian Elkana, Danton Sihombing, Divina Nathalia, Djoko Hartanto, Gauri Nasution, Hastjarjo B Wibowo, Hermawan Tanzil, Ilma D Noe’man, Irvan A Noe’man, Lans Brahmantyo, Mendiola B Wiryawan, Nia Karlina dan Sakti Makki. Tim ini bekerja selama 5 bulan untuk merumuskan platform “ADGI Baru”. Berdasarkan evaluasi terhadap kinerja ADGI pada masa lalu dirumuskan branding platform Adgi baru yang kini hadir dengan deskripsi Indonesia Design Professionals Association.

Logo ADGI lama


22 Februari 2006
Sekitar 40 desainer menghadiri “Designer Gathering” di LeBoYe atas undangan tim 14 yang mencanangkan Revitalisasi ADGI. Tujuan pertemuan ini adalah untuk menghidupkan kembali asosiasi desainer yang sempat mati suri itu. Pertemuan malam itu menghasilkan logo baru Adgi serta rencana menggelar seminar pada bulan April 2006.

Setiap usulan dalam gathering dijadikan bahan diskusi dalam pertemuan-pertemuan Tim 14 sesudahnya, yang pada akhirnya menentukan fornat Adgi sebagai sebuah organisasi non-profit oriented yang berbentuk yayasan, yang berjuang bagi kepentingan anggotanya dan kemajuan desain nasional.

19 April 2006
Bertempat di Ballroom Hotel Le Meridien, Jakarta diselenggarakan Kongres Adgi dimana terpilih formasi presidium yang terdiri dari 5 orang yaitu Andi S Boediman, Danton Sihombing, Hastjarjo B Wibowo, Hermawan Tanzil dan Lans Brahmantyo untuk mengemban tugas memimpin Adgi selama periode 1 tahun dengan mengusung tema “Unifying Spirits”. Kongres pertama Adgi ini dihadiri oleh sekitar 150 orang desainer profesional dan akademisi desain komunikasi visual dari berbagai kota. Implementasi gagasan desentralisasi telah melahirkan Adgi-Jakarta Chapter yang diketuai oleh Nico A Pranoto dan Adgi-Surabaya Chapter yang diketuai oleh Yoshua Alpha Buana.

Poster ADGI pertama dibuat oleh Hermawan Tanzil


Kongres pertama Adgi ini didahului oleh seminar bertema “The Power of Design in Creative Economy” yang menghadirkan dua desainer internasional, Simon Pemberton (Australian Graphic Designer Association, Australia) dan Kan Tai-Keung (Kan and Lau Design Consultant, Hong Kong) serta Direktur Utama Bank BNI 46, Sigit Pramono.

Tujuan seminar:
1. Menyatakan kepada publik pentingnya dan besarnya potensi yang dapat diberikan oleh desain grafis untuk meningkatkan kompetisi di dunia bisnis.
2. Memberi arahan ‘know-how’ di bidang desain grafis untuk menumbuhkan tingkat kompetisi di kancah bisnis Indonesia.
3. Menjadi wadah yang memberikan kesempatan kepada para profesional untuk belajar tentang trend, riset dan bisnis yang menggunakan desain grafis sebagai tool-nya.

16-30 Agustus 2006
Adgi menggelar pameran desain komunikasi visual “Petasan Grafis” di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta dengan sub-judul “Pameran Nasionalisme Indonesia dalam Desain Komunikasi Visual”. Pameran yang dibuka oleh Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu itu diawali dengan pemutaran video perjalanan IPGI sebelum menjadi Adgi, disusul penyerahan penghargaan untuk ke-5 pemenang kompetisi “Ide Awards” (Penghargaan Nasional Akademik Desain Grafis). Kompetisi ini diadakan khusus untuk mahasiswa desain komunikasi visual yang mewakili institusi-institusi pendidikan desain di Indonesia yang terbagi atas 3 pilihan tema:
1. Kemasan makanan tradisional Indonesia, misalnya ekspolorasi kemasan dodol durian, tape ketan dsb., mulai dari brand identity dan seterusnya
2. Event, misalnya promosi tari-tarian daerah, resital gamelan dsb., mulai dari logo event dan sebagainya
3. Destination Branding, misalnya mengolah program komunikasi visual suatu tempat yang menarik di Indonesia (pantai, museum, tempat bersejarah dsb.).

Setelah melalui penilaian dewan juri yang terdiri dari Hanny Kardinata (Desainer Grafis Senior), Sita Subijakto (Headline Creative Communication), Ipong Purnomosidi (Kurator Bentara Budaya, Jakarta), Nirwan Dewanto (Budayawan) dan Seno Gumira Ajidarma (Budayawan), keluar sebagai pemenang adalah karya “Dolanpiade” dari Digital Studio, Jakarta (Dicky Mardona, Meliana Sari Hermanto, Octavia Subiyanto, Rifki Zulkarnain, Welly Caslin); “Peranakan Idealis” dari Institut Kesenian Jakarta (Irvan Mulia Ahmadi, Rahayu Pratiwi, Husin Alkaff, Muhammad Rizki Lazuardy); “Lurjuk” dari Universitas Kristen Petra, Surabaya (Aileen Halim, Ang Siau Fang, Selvy Hermawan); “Batik Illusion” dari Universitas Bina Nusantara (Adeline Ardine, Fredy Susanto, Nadya Kartika) serta “Moralitas Pers” dari Universitas Bina Nusantara, Jakarta (Kezia Winarta Wahyuni Wijayati, Lia Anggraeni, Filina Vicentia, Tafrian).

Masih berkaitan dengan pameran dan “Ide Awards”, pada tanggal 23 dan 24 Agustus 2006 digelar seminar dan talk show dengan tema “Menyikapi booming pendidikan DKV dalam hubungannya dengan kualitas output yang dihasilkan”. Hadir sebagai pembicara, Andrian Dektisa Hagijanto, Sumbo Tinarbuko, Priyanto Sunarto dan Yongki Safanayong yang dimoderatori oleh Hastjarjo B Wibowo.

Hari kedua seminar dibawakan Djoko Hartanto (Majalah Concept), Nilam P Moeliono (Paper Project) dan Irwan Ahmett (Ahmett Salina) dengan moderator Irfan N Suryanto dan dengan tema ‘Visi dan tips persiapan bertarung dalam industri desain grafis’.

Petasan Grafis Poster 2006 :


19 April 2007 jam 09.00 s/d 13.00 wib
Dilaksanakan Kongres Nasional Adgi ke-2 di gedung Galeri Nasional, Jakarta. Kongres dihadiri 45 peserta undangan yang terdiri dari praktisi (desainer) dan pendidik.

Kongres memutuskan dan menetapkan 4 agenda penting yaitu:
1. Penerimaan laporan pertanggungjawaban pengurus sebelumnya (presidium).
2. Penetapan draft AD/ART dan Kode Etik menjadi rancangan AD/ART dan Kode Etik untuk kemudian dihibahkan kepada pengurus mendatang untuk disempurnakan.
3. Pelantikan Dewan Penasehat yang terdiri dari: Gauri Nasution, Ign. Hermawan Tanzil, Irvan A Noe’man, Iwan Ramelan, dan Wagiono Sunarto.
4. Pemilihan, dan pelantikan Ketua Umum Adgi untuk periode pengurusan 2007–2010 atau sesuai dengan ketentuan yang berlaku sesuai dengan yang tertera pada AD/ART yang telah disempurnakan. Dari 5 nama Calon Ketua Umum, terpilih satu dengan suara terbanyak yaitu sebanyak 27 suara adalah Danton Sihombing.

Selanjutnya, Danton Sihombing selaku Ketua Umum Adgi 2007-2010 telah menunjuk Mario Tetelepta sebagai Sekjen Adgi dan Irvan N Suryanto sebagai Direktur Pengembangan dan Pemasaran Produk.

8-12 Agustus 2007
Pameran Poster International ‘One Globe One Flag’ di adakan di Jakarta Convention Center bersamaan dengan acara FGD Expo 2007. ADGI selaku panitia pelaksana pameran turut mengundang desainer-desainer untuk berpartisipasi sebagai peserta pameran. Seluruh peserta pameran ini merupakan partisipan yang terdiri dari desainer-desainer Indonesia dan dunia.

Tujuan dari Pameran Poster Internasional ‘One Globe One Flag’ adalah untuk meningkatkan kesadaran atas pentingnya kebersamaan dalam menghadapi berbagai masalah multi-dimensi yang ada di dunia.

Globe (bola dunia) dan flag (bendera) adalah atribut fisik dalam simbolisme universal yang mempunyai pengertian implisit. ‘One Globe One Flag’ adalah sebuah konsep yang menghargai perbedaan internasional baik sosial, budaya maupun geografi, dalam rangka melahirkan sejumlah pemahaman yang berujung pada antusiasme, aspirasi dan kesadaran bersama demi menciptakan dunia yang lebih baik.

ADGI besama FGD Expo 2007 (pameran industri grafika terbesar di Asia Tenggara) pada waktu bersamaan mengadakan acara “Think Big with Design” yang merupakan design conference terbesar dengan mengundang desainer-desainer kelas dunia.

. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Pengurus Adgi 2007-2010:

Dewan Penasehat
Gauri Nasution
Hermawan Tanzil
Irvan A Noe’man
Iwan Ramelan
Wagiono Sunarto

Pengurus Adgi Pusat
Ketua Umum: Danton Sihombing
Sekjen: Mario Tetelepta
Direktur Pengembangan Program: Irvan N. Suryanto
Direktur Program Designer EDGE : Nico A. Pranoto
Direktur Zoom-In: Ato Hertianto D.
Direktur Program Produk dan Layanan Komersial: Imelda Dewayani
Direktur Keanggotaan: Praba S. A.
Direktur Komunikasi dan Media: Bima Shaw
Direktur Pendanaan, Sponsorship dan Humas: Nilam P. Moeliono
Bendahara: Indah Tj.
Koord. Gugus Tugas AD/ART & Kode Etik: Dio Bowo

Pengurus Adgi Jakarta
Ketua Chapter: Divina Natalia

Pengurus Adgi Surabaya
Ketua Chapter: Bing Fei

Pengurus Adgi Yogyakarta
Ketua Care Taker: M. Arief Budiman

Pengurus Adgi Bali
Ketua Care Taker: Arief ‘Ayip’ Budiman

Pengurus Adgi Bandung
Dewan Formatur : Rudi Farid dan Oki Hamka

. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

29 November 2007

Adgi menyelenggarakan “Adgi Jakarta Chapter-Member Recruitment and Gathering Night 2007″ pada hari Kamis, 29 November 2007, jam 18.00-21.00 wib di Forbidden Citi, Jl. Wijaya I No. 55, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Dari 86 desainer grafis yang hadir, tercatat hampir 40 orang mendaftarkan diri langsung menjadi anggota baru Adgi Jakarta Chapter periode Desember 2007-Desember 2008.

Pada peristiwa ini disampaikan antara lain perubahan nama asosiasi dari Adgi-Indonesia Design Professionals Association menjadi ADGI (Asosiasi Desainer Grafis Indonesia), kembali ke nama yang disepakati pada Konggres IPGI ke I di Jakarta Design Center tanggal 7 Mei 1994.

Logo Baru ADGI

0 komentar

Posting Komentar

Waktu Indonesia

redesign dari urban art

Posted by lukmannoer
3-1-2006

propaganda biru persib

Posted by lukmannoer
15-1-2006

rancangan logo bobotoh persib

Posted by lukmannoer
25-1-2006

design banner maung bandung

Posted by lukmannoer
2-2-2006

maung bandung lucu

Posted by lukmannoer
10-2-2006

Shoutbox